Tag

, ,

Hari ini, tanggal 26 Oktober. Hari yang gak penting-penting amat buat gue, tapi penting banget buat orang-orang yang tinggal di negeri nun jauh di eropa sono, yaitu Austria. Dalam sejarah, 56 tahun lalu, tepatnya tanggal 26 oktober 1955, Austria menandatangani perjanjian netralitas yang diberikan Sekutu. Dengan begitu, sejak saat itu Austria berjanji akan tetap netral selama-lamanya meski ada perang dan Austria ingin ambil bagian. Awalnya mereka merasa tidak enak dengan ini, tapi dengan cepat netralitas tumbuh menjadi bagian dari identitas mereka.
Seperti negara-negara lainnya (Indonesia termasuk), orang Austria juga hobi menghias macam-macam kalau sudah dekat hari seperti ini. Mereka memasang bendera, mendekorasi bangunan, dan bahkan menghias barang-barang mereka dengan hiasan bertema Austria, yang berarti mereka banyak menggunakan warna merah dan putih dan merah yang berlapis, seperti kue. Hmmm… gue laper nih, pengen kue… *digeplak orang Austria
Nah, sebagai seorang penggemar bendera dan lambang, auks juga penasaran, gimana sih, asalnya bendera Austria yang kayak biskuit itu? *menganalogikan dengan makanan*
Hasil nyuri info dari seorang Swiss yang suka bikin komik tentang negara-negara Eropa terutama yang berbahasa Jerman, ada legenda tentang bendera Austria. Katanya bendera itu berasal dari tahun 1190, saat seorang pemimpin Austria bertempur di Perang Salib. Baju perangnya yang awalnya berwarna putih, terkena darah semua. Saat ia lepas ikat pinggangnya, terlihat bagian putih yang ketutupan ama ikat pinggangnya itu. jadi terbentuklah kombinasi merah-putih-merah. Kesimpulan: Coba dia gak pake ikat pinggang, jangan-jangan bendera Austria warnanya merah semua sekarang.
Oke, kenapa gue jadi jauh-jauh nerangin soal bendera dan keadaan Austria sekarang? *readers: elunya aja kali yang kuker (kurang kerjaan)!* gue sekarang pengen libur. Yup, karena, siapa tahu disana lagi libur nasional. Udah ah, intinya… HAPPY BIRTHDAY AUSTRIA!

Iklan